Jumat, 21 Desember 2018

Berpetualang Keliling Taman Kota (1)


     Taman menurut KBBI adalah kebun yanh ditanami dengan bunga-bunga dan sebagainya (tempat bersenang-senang), tempat (yang menyenangkan dan sebagainya).

     Ya, sesuai definisinya taman memang tempat yang menyenangkan, setidaknya hal ini berlaku bagi saya sebab saya suka sekali mengunjungi taman-taman yang ada ditengah kota. Kenapa taman yang ada tengah kota? Karena merasa kagum saja, ditengah kota yang sumpek dan penuh kemacetan ada taman yang berdiri syahdu, dan memang setiap kota butuh taman sebagai ruang hijau agar saling melengkapi.

     Kali ini, saya akan membahas mengenai aktivitas apa saja yang dapat kita lakukan di Taman dan beberapa taman yang pernah saya kunjungi, tidak banyak memang, namun barangkali bisa jadi referensi bagi para pembaca yang sampai pada halaman ini.

     Sebelumnya saya mengatakan jika saya suka sekali mengunjungi taman, kenapa ya kok saya begitu suka mengunjungi taman? Sebab taman itu bagi saya sejuk, menenangkan, dan murah meriah (ini yang paling penting, sebab menciptakan hiburan bagi diri sendiri itu tidak selalu harus yang mahal, hehehe).

     Apasih yang bikin menyenangkannya itu? yang bikin menyenangkan itu adalah di sana kita bisa melakukan berbagai aktivitas, dan kita juga bisa melihat banyak orang disatu tempat yang sama tetapi sedang melakukan aktivitas yang berbeda-beda, karena kadang dari apa yang kita amati di sekeliling kita bisa menimbulkan pemikiran, pemahaman, atau pelajaran baru yang positif (sebut saja menghayati alam dengan sederhana).

     Melakukan berbagai aktivitas? Emang aktivitas apa aja yang bisa kita lakukan di Taman? Bukannya bosenin banget ya? Oh… tentu tidak, selama kita masih punya kreativitas, kita pasti bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan setidaknya bagi diri kita sendiri. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan di Taman, versi Fitri!

1. Hunting Foto

Salah satu hasil hunting foto oleh Fitri
Nah, buat yang suka banget sama fotografi atau yang suka banget jadi model dari fotografer, hunting foto merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Taman. Ya kayak saya ini, saya suka banget foto-foto, mengabadikan momen sekitar. Berbekal kamera handphone, kamera digital, atau kamera analog mungkin, kita bisa melakukan hunting foto di Taman, sebab objeknya beragam. Kalau saya pribadi sih, pakenya kamera handphone,dan kamera digital biasa (bukan DSLR) dan biasanya yang difoto itu pohon, lampu, langit, bunga ya gitu-gitu deh bukan objek diri sendiri (selfie) hal ini juga yang bikin tidak masalah bagi saya mengunjungi taman sendirian hehe. Oh iya, jangan salah lho ya di Taman juga banyak lho yang melakukan sesi foto Prewedding, berarti taman memang cocok kan untuk dijadikan tempat untuk hunting foto?

2. Piknik

Piknik di bawah pohon rindang
foto by: ftrrzkm
Piknik juga bisa dilakukan di Taman lho, piknik dengan siapa yang bisa dilakukan di Taman? dengan siapa saja orang yang kita cintai, seperti dengan keluarga, sahabat, kekasih, atau komunitas serta organisasi yang kita ikuti. Berbekal makanan dan minuman yang dibawa dari rumah, kita bisa melakukan quality time dengan orang yang kita cintai dengan suasana baru, dan murah meriah tentunya hehe. Jangan lupa abadikan momen bersama dengan berfoto atau melakukan wefie, dan  sampah bekas makan dan minumnya dibuang ke tempat sampah ya! agar taman yang kita kunjungi tetap terjaga keindahan dan kebersihannya J.

3. Jajan
Nom nom nom, siapa yang suka makan? Siapa yang suka ngemil? Ya hampir semua dari kita pasti suka makan atau ngemil ya kan, nah di Taman kita bisa jajan lho sambil bersantai menikmati suasana sore hari yang sejuk, karena di Taman terdapat berbagai penjaja makanan dan minuman seperti, tahu gejrot, es krim, dan minuman rasa-rasa lainnya yang cocok untuk bersantai. Kalau pengalaman saya di taman, pernah membeli yogurt home made yang dijajakan oleh seorang ibu-ibu dengan cara berkeliling taman, dan enak sekali rasanya. Intinya selain pejaja makanan/minuman yang biasa mangkal di taman, ada juga penjaja makanan/minuman yang berkeliling.

4. Baca Buku
Perpustakaan Keliling
foto by: ftrrzkm
Aktivitas ini cocok buat kamu yang suka sekali membaca buku, tetapi merasa bosan jika membaca buku hanya di dalam ruangan tertutup saja (seperti kamar, ruang tamu, dan perpustakaan). Maka membaca buku di taman, patut kamu coba sebab terasa menyenangkan dan menyejukan pikiran serta jiwamu. Jika merasa takut akan terganggu karena suara-suara bising, kamu bisa membaca buku di taman sambil mendengarkan lagu favoritmu, semakin menyenangkan bukan? Selain itu terkadang dibeberapa taman ada lho perpustakaan kelilingnya, maka jika kamu kehabisan bahan bacaan di rumah, bisa deh di coba pergi ke taman yang ada perpustakaan kelilingnya.

5. Nugas
Pusing saat mengerjakan tugas? Butuh suasana baru dalam mengerjakan tugas? Cobain deh mengerjakan tugasnya di taman, tetapi yang perlu diketahui jarang sekali taman yang menyediakan free wifi, maka tidak seperti saat mengerjakan tugas di perpustakaan, apabila kita mengerjakan tugas di taman, siapkanlah quota internet! Hal ini pernah saya lakukan, dan rasanya mengerjakan tugas menjadi menyenangkan karena otak kita juga butuh suasana baru, untuk melancarkan jalan pikirnya, agar tidak mumet akibat rasa sumpek. Tidak Cuma mengerjakan tugas saja, mengerjakan skripsi juga bisa lho, apalagi skripsi itu terkadang terasa berat dan membosankan ya, maka butuh sesuatu yang baru untuk menyegarkan, itung-itung sambil menyelam minum air (refreshing+produktif)

6. Olahraga
Olahraga memanfaatkan alat fitnes yang ada di Taman
foto by: ftrrzkm
Iyaaa, taman juga cocok sekali untuk melakukan aktivitas olahraga, senam atau jogging bisa menjadi pilihan. Pada akhir pekan khususnya, taman biasa dipadati oleh mereka yang ingin berolahraga, entah sendirian sambil mendengarkan lagu, bersama keluaga, atau bersama kekasih. Bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan juga bisa lho olahraga sambil membawa hewan peliharaannya jalan-jalan, dan taman menjadi salah satu tempat yang recommended hehehe.


     Jadi, begitulah 6 aktivitas yang dapat kita lakukan di taman versi Fitri. Jika ada aktivitas lain yang menurut pembaca dapat dilakukan di taman, boleh lho share di kolom komentar.

Oh iya taman mana aja nih yang sudah pernah Fitri kunjungi? Ah ya! Hampir lupa, jadi taman yang pernah saya kunjungi itu kurang lebih ada lima taman, empat diantaranya merupakan taman kota yang masih berada disatu daerah yang sama, yaitu daerah sekitar Menteng Jakarta Pusat. Empat taman tersebut adalah, Taman Menteng, Taman Kodok, Taman Suropati, dan Taman Situ Lembang (bukan di Bandung). Kemudian satu taman lainnya, berada di daerah cibubur yaitu Taman Wiladatika. Dari kelima taman tersebut, yang perlu tiket masuk hanya taman Wiladatika, selebihnya gratis! Untuk ulasan lengkap kelima taman tersebut, bisa ditunggu pada postingan selanjutnya ya.

Sekian saja dari ftrrzkm-
See you!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar