Jumat, 13 Oktober 2017

Sandang dan Pangan

Apa sih artinya sandang dan pangan itu?

Sebenarnya istilah sandang, pangan itu tidak terlepas dari istilah papan, karena ketiganya merupakan kebutuhan hidup yang harus dimiliki. Namun sesuai dengan tantangan yang ada maka kali ini saya akan membahas mengenai sandang dan pangan saja hehe.

Kembali ke arti dari sandang dan pangan. Secara sederhana sandang dapat diartikan sebagai sebuah pakaian yang diperlukan manusia, dan arti dari pangan adalah makanan atau segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukan untuk konsumsi manusia. Sandang dan pangan ini merupakan kebutuhan sekunder, yang artinya sama-sama dibutuhkan oleh manusia. Coba bayangkan kalau tidak ada pangan? Yang terjadi adalah manusia akan kelaparan, tidak mendapat asupan dan nutrisi sehingga kesulitan dalam melakukan aktivitas. Begitu pula dengan sandang, sangat dibutuhkan untuk menutupi aurat kita dan tubuh kita.

Meskipun sama-sama dibutuhkan, namun pangan yang paling diperlukan dalam pemenuhannya, karena merupakan barang sekali habis, berbeda dengan sandang yang bukan barang sekali habis. Ketika kamu punya 14 baju saja dalam lemari, itu sudah cukup untuk sehari-hari, ingat cukup, bukan lebih. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata usaha mode semakin menjamur sehingga model-model baju semakin bervariasi, begitupun dengan usaha pangan dibidang kuliner, semakin banyak saja bermunculan inovasi-inovasi kuliner unik dan enak. Hal tersebut membuat sandang dan pangan semakin diminati oleh konsumen.

Lalu apa sih kira-kira jenis kuliner yang diminati oleh masyarakat kini, khususnya dikalangan anak muda? Berikut ini sekilas rangkumannya.
  1. Cake kekinian: entah artis siapa yang mendahului ini semua, nyatanya kini banyak sekali artis yang membuka usaha cake kekinian ini. Dengan adanya cake kekinian seperti ini, maka semakin beragam lagi ya jenis-jenis kue enak yang bisa menjadi pilihan bagi kamu pencinta kue. 
    Foto oleh: Erina Wardoyo dalam IDN Times
  2. Ayam geprek: mulai dari ayam geprek bensu, sampai ayam geprek yang tidak menggunakan nama artis diburu oleh masyarakat kekinian. Selain memang rasanya yang enak, menu ayam geprek ini pun semakin bervariasi dengan adanya tambahan keju mozzarella dan level ukuran pedas yang biasa ditawarkan.
    Foto oleh: Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
  3. Pisang nugget: ini yang tidak kalah hits saat ini, pisang nugget ini kurang lebih mirip dengan pisang goreng, hanya saja dibalur dengan tepung panir atau tepung roti sehingga seperti nugget dan disebut sebagai pisang nugget. Hal lain lagi yang membuatnya berbeda dengan pisang goreng pada umumnya adalah, toping yang membalut pisang nugget ini, biasanya sih ada yang topingnya nutela dan kitkat green tea, coklat, keju, dll. Wah merupakan inovasi yang menarik ya.
    Foto Oleh: 1.      Tineke Islandita Putrianda https://www.zomato.com/photos/pv-res-18536499-u_zY1NTAyNzA5ODk
  4. Manggo Bomb: minuman jus mangga kekinian, yang tampil menarik dengan tambahan pudding mangga, whipped cream, dan potongan mangga. Buat mangga Lovers sepertinya wajib mencoba ini!
    Foto by: foodierate.com https://www.foodierate.com/blog/misteri-mango-bomb-raffi-ahmad-nagita-slavina-bisnis-kuliner-makanan-baru-artis-2017

Selain makanan dan minuman diatas ternyata masih banyak lagi lho jenis makanan dan minuman ke kinian, misalnya lagi: Sate Taichan, Egg Cheesetart, Salted Egg Chiken, aneka minuman dengan bahan dasar matcha, dan lain-lain. Wah banyak ya ternyata, ini menandakan bahwa ide-ide kreatif masyarakat dalam bidang kuliner terus berkembang.

Lalu, bagaimana dengan dunia fashion? Pakaian? Setiap tahun tentu selalu ada saja trend-trend mode yang diikuti oleh masyarakat, tidak perlu dipertanyakan lagi bagaimana perkembangannya, karena setiap tahun selalu saja berbeda trend fashion yang tercipta. Ada tahun dimana motif floral menjadi favorit, ada tahun dimana trend fashion nya kembali pada era 90-an, dan masih banyak lagi.

Pada intinya kita tahu bahwa, dunia pakaian dan makanan itu selalu berkembang. Maka menjadi tepat kalau bisnis makanan terus menjamur dimana-mana. Yup untuk kamu pencinta fashion dan Kuliner! selamat berburu!

ftrrzkm.

dan untuk kamu yang sedang menunggu tantangan selanjutnya, saya mau menantang kamu menulis dengan tema Pramuka dan Pendidikan. so, Happy Writing

2 komentar:

  1. Itu makanan menggoda parah lahhhh..... baru nyobain nomor 1 dan 3 yaaa.... manggo boom bisa didapetin dmn daerah bekasi dah..... weh weh heheheheheheheh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau daerah bekasi akuu kurang tahu, yang aku tahu manggoboom bisa didapatkan di mall setia budi one hehe

      Hapus